Latest Posts:

kenali jati diri lewat permainan




Add caption
INI GUE ! 

Satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh manusia adalah“ siapa sih gue?”mungkin kita pernah berada dalam situasi penuh kebingungan atau clueless karena nggak kenal dengan diri kita sendiri. Kalau gitu, ikuti kokology, sebuah permainnan psikologi yang beken dijepang, amerika serikat dan eropa ini. Siapa tahu kita bisa lebih mengenal siapa diri kita sebenarnya.
Kenalkan : kokology
Berasal dari bahasa jepang kokoro(artinya semangat, pikiran dan perasaan) dan logy(logia) yangg berasal dari bahasa yunani(artinya ilmu). Berarti kokologyadalah sebuah ilmu berupa serangkaian tes yang bertujuan membuka pikiran dan perasaan manusia, termasuk mengetahui sidat dan karakter seseorang. Kokology, pertama kali diciptakan pada tahun 2000 oleh Isamu saito(profesor universitas risso dan waseda dijepang) bersama tadahik nagao (pimpinan tim riset dan pengembangan proyek kokology). Mereka mengembangkan permainan yang mengandung unsur psikologis dan berkaitan dengan respon manusia terhadap hal hal yang terjadi pada diri dan sekelilingnya.
Sistemnya , mirip tes psikologi (psikotes) yang berusaha memproyeksikan diri manusia lewat pilihan dan interprestasinya terhadap segala sesuatu. Menurut nagao, sebenarnya kokology mirip dengan tes rorschach yangberusaha mengenali karakter manusia lewat nodanoda tinta sebagia pengganti kata .”hanya saja kita beerusaha membuat sebuah tes psikologi lebih mudah danmenyenangkan, nggak bikin gemetar atau seram saat mendengarnya,” ujar saito 
Main dulu yukk!!
Mau tau seperti apa kokology? Kalau begitu kita coba bermain dengan menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini, tentang berbagai kebiasaan sehari hari atau pertanyaan tentang pengandaiian. Nah , dibalik setiap pilihan atua keputusan yang kita buat, ada arti yang akan menunjukan karakter kita sesungguhnya . tapi ingat , setelah kita selesai membaca langsung pilih hal pertama yang terlintas dikepala anda . jangan asal sok menebak ya, be honest!
1.    Dalam cerita cinderella, adegan mana yang paling nggak bisa kita lupakan?
a.       Cinderella menderita dibawah tekanan ibu tiri.
b.      Cinderella diubah menjadi putri yang cantik oleh ibu peri.
c.       Cinderella ketinggalan sepatunya di tangga istana tepat jam 12 malam.
d.      Sang pangeran menemukan dan memakaikan sepatu kaca pada kaki cinderella.
2.   Saat membeli majalah baru , hal apa yang pertama kali kita lakukan?
a.       Membaca seluruh isi majalah secara urut dari halamanpertama sampai terakir.
b.      Langsung membaca artikel yang menarik dan hanya membaca itu saja.
c.       Membuka secara acak dan membaca apa saja yang terlihat menarik.
d.      Selama format majalah nggak berubah, kita membacanya dengan  urutan sama seperti yang biasa kita lakukan.
3.      Dari jenis jenis pandanga ini mana yang paling menennagkan  dan bikin kita santai saat melihatny ?

a.       Dataran salju putih
b.      Lautan biru
c.       Gunung yang hijau
d.      Padang yang penuh bunga berwarna kuning
4.   Saat berjalan ditrotoar, tiba tiba kaki kita tersandung tong sampah, sehingga tong sampah itu berguling dan isinya berantakan. Apa saja yang ttumah keluar dari tong itu?
a.       Nggak ada tuh tongsampahnya kosong
b.      Cuma tumpukansampah yangtumaph dijalan
c.       Biji apel, tulang yam dan lain lain
d.      Pastik sampah yang terikat rapi

Arti dibalik pilihanku
Arti dari pilhan kita diatas, minimalbisa sedikit menjelaskan tentang karaktter kamu yang sesungguhnya.
1.    Pilihan terhadap adegan paling berkesan dalam cerita cinderella, bisa menunjukankelemahankamu.
a.       Adegan ini bikin kamu merasa kasihan dengan nasib cinderella. Tapis sekaligus juga bikin kamu cenderung merasa lebih hebat dari orang lain. Melihat kelemahan orang lain, bisa jadi hal positif,asal jangan meremehkanya.
b.      Sebenarnya kamu berharap suatu hari nanti akan datang ibu peri atauseseorang yangbisa menyulap kamu jadi seorang putri cantik atau lainya. Hello..cuman kita sendiri yang bisa mengubah hidup kita dan menyelesaikan maslah yang kita ciptakan sendiri.
c.       Adegan ini menujukan ketergantungan terhadap orang lain untuk menyelesaikan masalah yang kamu buat. Selain itu , ada kecenderungan kamul ari dari masalah dan berharap semuanya bsa selessaai begitu saja kamu tetap harus menghadapi masalah itu sendiri.
d.      Kayaknya kamu paling senag dengan adegan happy ending. Padahal itu bisa menadakan kamu yang gampang puas dengan hal yang sederhana. Ujung ujungnya kamu jadi nggak punya cita cita attau ngotot ngejar impianmu. Padahal tiap orang itu unik loo.
2.   Cara kamumembaca majalah , bisa nunjukin kebiasaan mengatur isi dompet juga, lho
a.       Kamu termasuk orang tahu jumlah isi dompet sekaligus pemanfaatnya. Perhitungan yang matang dan detil tentang masalah keuangan, bisa bikin kamu ngerasa nyaman.
b.      Kamu termasuk orang yang senang belanja segala hal yang menurut kamu menarik. Kalau berhasil menabung , kamu cederungmengmabilnya lagi , dan belanja lagi.
c.       Kamu termasuk orang yang gampang tergoda discount dan bisa menabung. Sesekali agak sedikit boros boleh juga kok..
d.      Wah, kamu termasuk shopaholic yang suka belanja tanpa peduli isi dompet dan hari esok! Duh hati hati jangan sampai menyesal nantinya
3.   Jenis pemandangan yang kamu pilih, menunjukan bakat tersembunyi yang kamumiliki
a.       Kamu termasuk peka, sehingga bisa mengerti situasi meskipun hanya sekilas dan bisa mengurai masalah tanpa butuh penjelasan tambahan. Makanya kamu sering banget jadi tempat curhat.
b.      Kamu punya bakat beerkomunikasi dengan baik. Kemampuan ini bikin orang lain merasa nyaman dan tenang. Nggak heran kalauteman teman sering mengandlakan kamu buat jadi pemimpin.
c.       Kamu bisa ngiomomng dengan ekkspresi dan jujur. Selalu bisa menemukan kalimat buat mengungkapkan perasaan , tanpa menyinggung orang lain.
d.      Kamu punya segudang kreativitas, mimpi dan ide gila. Tapi, ingat sesuaikan juga dengan kemampuan diri dan perasaan rang lain, jangan gampang menyerah dalam mewujudkan mimpi.
4.   Pandangankamu terhadap isi tong sampah itu, menunjukan halhal yang inginkamu semunyikan dari oranglain.
a.       Kalau ini pilihanmu, artiny akmu menjalani hidup tanpa berpura pura. Pokonya apa yang terlihat, itulah kamu apa adanya.
b.      Kamu temasuk orang yang suka menyembunyikan dan menumpuk kesalahan didalam hati, nih! Kamu juga selalumenyangkal dan bilang kalau semua baik baik saja. Tapi kalau memang semuanya berjalan denga baik baik saja, kenap masih membiarkan masalah itu menganjal didalam hati.
c.       Wah  ini artinya, kamu lagi berusaha menahan nafsu makan atau berusaha berhemat denga emmotong biaya jajan. Kamu sebenarny algi yertekan. Sebaiknya , atasi pelan pelan sebelumjadi stress akut.
d.      Hmm, ternyata kamuterrmasuk orang yang pinttar mengendalikan diri. Sayangnya kamu terlalu kaku, tegang dan menomorsatukan harga diri. Padahal membiarkan orang lain mengetahui perasaan kamu yang sebenarnya nggak akan bikin kamu terlihat lemah kok.
Nah, jadi sekarang gimana sudah tahu, siapa dan seperti apa diri kamu sebenarnya ?
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: