Latest Posts:

Apa itu stress ?


Apa itu stress ?
Istilah stress berasal dari kata stringere yang mempunyai  arti ketegangan, dan tekanan. Stress merupakan reaksi yang tidak diharapkan yang muncul disebabkan oleh tingginya tuntutan lingkungan kepada seseorang. Dimanan harmoni atau keseimbangan antara kekuatan dan kemampuanya terganggu. Jika stress telah menggangu fungsi dan keberadaan diri seseorang, maka dinamakan distress. Distress kebanyakan dirasakan orang jika situasi yang menekan berlangsung terus menerus (u berat, atau tugas yang tidak mampu dilakukan karena situasi yang tidak kondusif atau stress disebabkan oleh trauma).
Sterss sendiri sebenanya tidak selalu bermakna negatif. Karena itu di beberapa diri dan tempat, stress terkadang justru melahirkan situasi dinamis, yang mendorong seseorang mencapai prestasi yang tinggi. Mulanya tekanan dalam stres itu mungkin tidaklah terlalu besar. Secara kompensasional sang individu bahkanmampu mengahadapinya. Namun demikian karena pada umumnya sang individu tidak mengalami hal ini dengan kesadaran. Maka resistensinya diri yang dimilikinya secara perlahan tanpa disadari lambat laut melemah.
Stress kebanyakan tidak disadari oleh orang yang bersangkutan, banyak dari mereka yang pergi mengunjungi dokter karena mengalami berbagai macam keluhan fisik. Biasanya mereka tidak memperihatkan problem emosionalnya. Hal ini disebabkan karena mereka tidak dapat mengkaitkan problem emosional dengan keluhan fisik yang dideerita. Oleh karena itu , penggalian informasi dan latar belakang berbagai gejala fisik tersebut tidak bisa dikesampingkan.
Pertama tama, anda harus belajar mengenali stres, gejal gejala stres mencakup mental, sosial dan fisik. Hal  hal ini melipuiti kelelahan, kehilangan atau meningkatnya nafsu makan, sakit kepala, sering menangis, sulit tidur dan tidur berlebihan. Melepaskan diri dari alkohol, narkoba atau peerilaku kompulsif lainya sering merupakan indikasi indikasi dari gejala stres. Perasaan was was, frustasi, atau kelesuan dapat muncul bersamaan dengan stres.
Jika stress mempengarui pelajaran anda langkah pertama adalah mencari bantuan melalui pusat konseling. Mengelola stres adalah kemampuan untuk mengendalikan diri ketika situasi, orang orang  dan kejadian kejadian yang ada memberi tututan yangberlebihan. Apa yang dapat anda lakukan untuk mngatur stres anda ?strategi strategi apa yang ada?
Perhatikan lingkungan sekitar anda. Lihatlah mungkin ada sesuatu yangbenar benar dapat anda ubah atau kendalikan dalam situasi tersebut. Belajar caraterbaik untuk merelaksasikan diri anda. Meditasi dan latihan pernafasan telah terbukti efektif dalam mengendalikan stres. Berlatihlah untuk menjernihkan pikiran anda dari pikiran pikiran yang menggangu.
Jauhkan diri anada dari situasi situasi yang menekan. Beri diri anda kesempatan untuk beristirahat biarpun hanya untuk beberapa saat tiap hari. Tentukan tujuan yang realistis bagi diri anda sendiri. Dengan mengurangi jumlah kejadian kejadian yang terjadi dalam hidup anda , anda akan dapat mengurangi beban yang berlebihan.
Jangan memepermasalahkan hal hal yang sepele. Cobalah untukmemprioritaskan bebrapa hal yang benar benar penting dan biarkan yang lain mengikuti. Jangan membebani diri sendiri secara berlebihan dengan mengeluh mengenai seluruh beban kerja anda. Tangani setiap tugas sebagaimana mestinya, atau tangani secara selektif dengan memperhatikan beberqaapa prioritas.
Secara selektif ubahlah cara anda bereaksi. Tapi jangan terlalu banyak sekaligus. Fokuslah pada satu masalah dan kendalikan reaksi anada terhadap hal ini. Ubahlah cara pandang anda. Belajarlah untuk mengenali stres. Tingkatkan reaksi tubuh anda dan buatlah penegaturan diri terhadap stress. Hindari reaksi yang berlebihan , mengapa harus membenci jika sedikit tidak suka sudah cukup ? mengapa harus merasa bingun jika cukup dengan merasa gugup? Mengapa harus mengamuk jika mara saja sudah cukup? Mengapa harus depresi ketika cukup dengan merasa sedih ? lakukan sesuatu untuk orang lain untuk melepaskan pikiran dari masalah anda sendiri.
Hindari stress dengan kegiatan fisik, misalnya joginh, tennis ataupun berkebun. Hindari pengobatan diri sendiri atau menghindar. Alkohol dan obat obatan dapat menyembunyikan stress. Namun tidak dapat membantu memecahkan masalah. Tingkatkan ketahan diri anda. Yang harus digaris bawai dari manajemen stress adalah ? saya membuat diri saya sendiri sedih? Cobalah untuk memanfaatkan stres.
Jika anda tidak dapat melawan apa yang menggangu anada , dan tidak dapat menghindar darinya, berjalanlah seiring denganya dan cobalah untuk memanfaatkanya secara produktif. Cobalah untuk menjadi seseorang yang positif. Tannamkan pada diri anda bahwa anada dapat mengatasi segala sesuatu dengan baik dari pada hany memikirkan betapa buruknya segala sesuatu yang terjadi? Stress sebenarnya dapat membatu ingatan, terutama pada ingatan jangka pendek dan tidak terlalu kompleks.
Jenis stress
Sementara dilihat dari efeknya oleh para psikolog dibedakan menjadi dua
a.       Eustress, yaitu dari respon terhadap stress yang bersifat sehat,ppositif dan kontruktif (bersifat bangunan). Hal tersebut termasuk kesejahteraan individu dan juga organisasi yang diasosiasikan dengan pertumbuhan, fleksibilitas, kemampuan adaptasi, dan tingkat performance yang tinggi.
b.      Distress, yaitu hasil dari respon terhadap stress yang bersifat tidak sehat, negatif dan destruktif (bersidat merusak). Hal tersebut termasuk konsuekensinya individu dan juga organisasi seperti penyakit kardio vaskular dan tingkat ketidakhadiran (absenteeism) yang tinggi, yang diasosiasikan dengan keadaan sakit, penurunan dan kematian.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: